jarum penunjuk bensin selalu cepat ngedrop kalo udah lewat F

AJIKZ dapet inspirasi pagi ini buat mengulas tentang curhatan om Fajar Eiger,
“Penunjuk bbm pake jarum. Umumnya kalo jarum di atas F, turunnya lama(terkesan irit), tapi begitu jarum sudah dibawah F, langsung cepet ngedropnya.”  #gak bisa jadi patokan irit / boros.
kira-kira jawabannya seperti ini :
Ajikz Undernet Itu karena bentuk tangki bebek yang mengerucut ke bawah om.dengan konsumsi bbm yg konstan,volume yg berkurang jg konstan namun penurunan ketinggian permukaan bbm di tangki kerucut akan lebih cepat,otomatis pelampung di tanki bbm juga ikut terjun bebas.

Tenane dabb???…

tangki yamaha nouvo from kaskus..

desain tanki kendaraan pada umumnya  selalu mengerucut kebawah, supaya mengalirnya bbm itu terpusat kebawah menuju ke selang karburator. hal ini juga untuk membuat tanki motor lebih efisien, tidak ada bbm yang tersisa di tanki saat bbm yang mengalir di selang sudah habis. seperti ini ilustrasinya…

tanki motor bebek maupun batangan umumnya berbentuk seperti segitiga atau yang semisalnya, intinya melebar keatas, menyempit kebawah. pada waktu riding yang konstan, penggunaan bbm yang konstan pula. ketinggian permukaan bbm turun dengan cepat, seperti dalam contoh diatas, dengan berkurangnya bbm sebesar 1 liter, luas (volume) daerah segitiga tiap liter sama, namun ketinggiannya semakin kebawah berbeda. itulah yang menyebabkan pembacaan sensor pelampung berbeda pada setiap pengurangan 1 liter.

nahh ada lagi kalo ngisi fulltank ampe luber kemana2, pasti jarum langsung manteng nunjuk full terus, habis beberapa puluh kilo jarak tempuh baru deh jarum mau turun. coz jarak main naik-turunnya pelampung itu ada batas atas dan bawahnya. kalo tanki diisi ampe luber kan posisi pelampung gak mungkin ngikutin luber keluar juga, pasti mentok di batas atas (posisi tenggelam dengan kelebihan bbm diatasnya).setelah bbm berkurang sampai ketinggian pelampung, barulah dia bekerja.

kebanyakan sensor pelampung motor hanya membaca pergerakan naik turunnya pelampung secara linier. tidak memperhatikan pangaruh desain tanki itu sendiri dan perubahan volume bbm terhadap ketinggian level bbm. yaaa akhirnya juga menghasilkan pembacaan di spidometer secara “kira2”, tidak ada yang akurat. namun kalo udah terbiasa juga pasti pemilik kendaraan sudah hapal kira2 di posisi jarum sekian harus mengisi bbm sebelum habis total.

Bagi pabrikan kayaknya gak sulit kok bikin sensor yang lebih akurat, misalnya disain tangki yang fixed kemudian dengan pelampung tadi dari posisi kosong kemudian secara bertahap diisi 1 liter bbm nilai pembacaannya ditentukan, kemudian 2 liter nilai pembacaannya ditentukan lagi dan seterusnya sampai full. mungkin kalau ada parangkat sensor yang bisa mengukur volume bbm secara akurat dan cara kerjanya, you are very welcome to share..

 

diketikdiselaselatugasskrispiyangpadat

Comments
21 Responses to “jarum penunjuk bensin selalu cepat ngedrop kalo udah lewat F”
  1. tigerpiceks mengatakan:

    bentuke koyo kampesss… segitiga..!

  2. ipanase mengatakan:

    betul itu, setuju,,,,,teor yang benar, josssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  3. cak poer mengatakan:

    buat bahan skripsi atau tugas akhir aja Jikz….”Sensor Level BBM yg Akurat di Tangki Sepeda Motor”🙂

  4. blognyamitra mengatakan:

    Kuda besi saya kalo pas lagi standar samping, jarum penunjuk bensin yg tadinya 1/2 bisa berubah jadi 3/4 mendekati F🙂 bentuk tangki emang mempengaruhi…

  5. warung DOHC mengatakan:

    se 7 nech! 🙂

    bentuk tangki mempengaruhi

    nahh beda dengan paijo yg sport fairing , #cepet ngedrop dari awal hingga akhir [dasare borosss] :mrgreen:

  6. Hourex150L mengatakan:

    lha Motor Saya ga ada F – E nya tuuu,, piyee jaall..😀😀

  7. Pak Bambang Nunggang Byson mengatakan:

    oalah kebule ngono, jaman kuliah nunggang bebek angger bebekku jarum di F wis ra patio nggragas mangan, ning ndak bensin ditangki sedikit hawane pingin mangan wae , , ,

  8. si oom mengatakan:

    pake botol infus, lebih presisi oom. ada strip-stripnya per mililiter😈

  9. kalau mau lebih fix harusnya pada penunjuknya jangan tertera dalam bentuk ‘bar’ tapi dalam angka ….. liter

  10. Rahmat mengatakan:

    tangki digantri drigen (kotak). akurat pasti. piss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: